Senin, 07 November 2016

Materi kontroversial - bagian 1

Ini tentang ...
Beberapa hal yang aku lakukan...
Aku suka menggambar.... untuk membuat visual novel, komik dan fan art. Aku juga suka dengan animasi. Itu bukan hanya sekedar menonton... aku juga suka membuatnya sendiri. Semua yang aku gambar berkiblat pada gambar gaya jepang. Mereka punya banyak hal menarik untuk seni ini.

Tapi sayangnya.... untuk itu aku tak pernah bisa mempelajarinya secara khusus dengan sebuah pendidikan yang benar.
Jadi... aku membaca banyak manga (komik jepang), menonton anime (kartun jepang), dan yang lainnya.
Banyak dari yang aku lihat itu menjadi material untuk membuat karyaku.

Aku masih butuh banyak riset untuk membuat yang sesuai denganku. Dalam membuat karakter pria... aku membuatnya seperti dalam genre shounen, pria yang maskulin, beotot, dan tatapannya tajam.
Sedangkan untuk karakter wanita, aku membuatnya seperti gaya shoujo... dengan badan ramping, kecil, sedanga matanya besar bersinar.

Yah bagaimana bisa aku menggambar tanpa mempelajarinya. Salah satu yang sulit bagiku adalah anatomi seorang manusia. Aku harus mempelajari seluk beluk bagian tubuh, gerak, otot, sendi dan seluruhnya. Tentu sangat menyulitkan bagiku... bahwa aku tak bisa mempelajarinya dengan objek yang berpakaian. Objek telanjang adalah yang terbaik untuk dipelajari... tapi ini sangat beresiko.

Bagaimana aku bisa mendapatkan itu?
Jalan yang bisa aku dapatkan adalah dengan melihat anime dan manga yang berunsur H. Sebagian menyebutnya ecchi (cara baca H), hentai atau semacamnya.

Point pertamaku adalah membuat gambar seorang pria. Pria yang gagah dan macho, seperti yang biasa ada pada karakter manga shounen.
Sayangnya karakter yang ada pada tubuh pria dan wanita adalah hal yang berbeda. Aku tak akan mendapatkan hal yang luarbiasa dari yang aku pelajari selama ini.
Jadi... aku harus melakukan sesuatu yang lebih radikal !!

Untuk mendapatkan materi yang lebih khusus dan spesifik... aku pun melihat kedalam genre (jenis) manga yang juga lebih spesifik.

Aku masuk kedalam genre shounen ai. Pria maskulin dengan tema percintaan. Aku suka itu... cocok dengan gaya gambarku.
Tapi... aku ingin lebih !!! Tidak hanya tentang wajah cantik dan tubuh proporsional.
Yaoi... gambar yang menunjukkan secara jelas hubungan antar pria.
Mangga genre shounen ai dan yaoi, aku jadikan sebagai bahan referensi untuk menggambar pria.
Tapi tak hanya itu... bahwa selain dari materi yang penuh dengan hubungan sex... iya sex !! juga berisi cerita yang sangat bagus.
Mereka punya banyak kisah dan alur menarik. Hingga tak jarang aku jadikan inspirasi dalam menulis sebuah cerita.
Jika dilihat dari ceritanya yang selalu berakhir di ranjang, tentu itu sangat sensitif... bagi beberapa pembaca.

Meskipun begitu... banyak yang bisa aku dapatkan... hal yang tak bisa aku dapatkan dari genre shounen ( umunya cocok untuk pembaca laki laki) biasa.
Yaitu.... ekspresi !!!
Ekspresi yang berbeda... bisa aku dapatkan disini... juga aktifitas gerak yang berbeda. Tentu karena mereka sedang bercinta. Yah.... bagaimana bisa aku mempelajari anatomi seorang pria yang sedang bergerak... ekspresif... dan telanjang...
Selain dari manga yaoi.

Tak taukah... sering wajahku pun ikut memerah saat membacanya... seperti mau meledak...
Tapi bagaimana bisa aku mengesampingkan tujujuanku... menjadikannya sebagai materi yang paling kontroversial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar